MAKALAH EKONOMI 'PERMINTAAN'

Diposting oleh Label: di

BAB I
( PENDAHULUAN )

A.   Latar Belakang
Permintaan uang memegang peranan penting dalam perilaku kebijakan moneter di setiap perekonomian. Banyak literatur yang telah memuat aspek teoritis maupun empiris tentang permintaan uang  di negara-negara yang sudah maju maupun negara-negara yang sedang berkembang. Tidak dapat dipungkiri bahwa kebijakan moneter telah banyak mencapai tujuan-tujuan ekonomi. Pesatnya perkembangan ekonomi dunia dewasa ini berimplikasi pada eratnya hubungan satu negara dengan negara yang lain. Arus globalisasi ekonomi ditandai dengan semakin menipisnya batasan geografis dari kegiatan ekonomi secara nasional, regional, dan semakin terintegrasi menjadi satu proses yang melibatkan banyak negara. Karakteristik perekonomian yang dianut suatu negara akan mempengaruhi prinsip perekonomian dan perdagangan negara tersebut.

B.   Rumusan Masalah
*    Apa pengertian permintaan ?
*    Apa faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan ?
*    Apa macam-macam permintaan ?
*    Bagaimana hukum permintaan ?
*    Bagaimana kurva permintaan ?
*    Apa fungsi permintaan ?

C.    Tujuan Penulisan
Mengetahui apa pengertian permintaan
Mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi permintaan
Mengetahui macam-macam permintaan
Mengetahui hukum permintaan
Mengetahui kurva permintaan
Mengetahui fungsi permintaan
BAB II
( PEMBAHASAN )

1.      Pengertian Permintaan
Permintaan adalah jumlah barang dan jasa yang diinginkan dan disertai kemampuan konsumen untuk membeli pada tingkat harga dan waktu tertentu.
Adapun permintaan individu atau perseorangan adalah permintaan setiap orang terhadap suatu barang.
            Ada tiga hal yang berkaitan dengan konsep permintaan, yaitu :
Jumlah barang yang diminta merupakan jumlah yang diinginkan. Hal ini menunjukkan banyaknya barang yang ingin dibeli konsumen berdasarkan harga barang tersebut, harga barang lain, pendapatan, dan selera.
Keinginan konsumen untuk membeli barang desertai dengan kemampuan untuk membeli. Jadi, merupakan permintaan efektif.
Jumlah barang yang diminta dinyatakan dalam satuan tertentu.


2.    Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan
Faktor yang mempengaruhi permintaan yaitu harga, pendapatan, harga barang lain, selera, dan ekspektasi akan terjadinya perubahan harga.
a.     Harga
Harga barang akan mempengaruhi seseorang dalam membeli suatu barang. Jika harga suatu barang mengalami kenaikan, orang akan mengurangi jumlah barang yang diminta. Begitu juga sebaliknya, orang akan menambah jumlah barang yang diminta jika harga turun.
b.      Pendapatan
Pendapatan seseorang dapat mempengaruhi permintaan terhadap suatu barang. Jika pendapatan seseorang meningkat, jumlah barang yang diminta orang tersebut juga bertambah dan begitu juga sebaliknya.
c.      Harga Barang Lain
Jika harga barang lain mengalami penurunan, orang akan banyak membeli barang yang mengalami penurunan dibandingkan dengan barang yang sebenarnya ingin dibeli. Contohnya, jika harga apel mahal, orang akan membeli lebih banyak jeruk karena harga jeruk tidak mengalami penaikan. Jeruk tersebut bisa dikatakan sebagai barang subtitusi yang menggantikan apel.
d.     Selera
Selera seseorang dapat mempengaruhi permintaan konsumen terhadap suatu barang. Berapa pun harga barang diturunkan jika konsumen tidak memiliki selera untuk menggunaka barang tersebut, tidak terjadi permintaan terhadap barang tersebut, begitu juga sebaliknya. Sebagai contoh, sepeda motor buatan Jepang lebih banyak diminati konsumen walaupun harganya lebih mahal dibandingkan sepeda motor buatan Cina.
e.       Ekspektasi Akan Terjadinya Perubahan Harga
Perkiraan terhadap situasi masa yang akan datang juga dapat mempengaruhi permintaan suatu barang. Misalnya, jika diperkirakan harga telepon genggam akan turun karena adanya promosi besar-besaran dari berbagai merek, orang akan menunda untuk membeli telepon genggam tersebut.


3.    Macam - Macam Permintaan

ü Permintaan tidak elastis sempurna : elastisitas = 0. Perubahan harga tidak mempengaruhi jumlah yang diminta. Dengan demikian, kurvanya berbentuk vertikal. Kurva berbentuk vertikal ini berarti bahwa berapapun harga yang ditawarkan, kuantitas barang/jasa tetap tidak berubah.      Contoh barang yang permintaannya tidak elastis sempurna adalah tanah (meskipun harganya naik terus, kuantitas yang tersedia tetap terbatas),
ü Permintaan tidak elastis : elastisitas < 1. Prosentase perubahan kuantitas permintaan < dari prosentase perubahan harga. Contoh permintaan tidak elastis ini dapat dilihat diantaranya pada produk kebutuhan. Misalnya beras, meskipun harganya naik, orang akan tetap membutuhkan konsumsi beras sebagai makanan pokok. Karenanya, meskipun mungkin dapat dihemat penggunaannya, namun cenderung tidakakan sebesar kenaikan harga yang terjadi. Sebaliknya pula, jika harga beras turun konsumen tidak akan menambah konsumsinya sebesar penurunan harga. Ini karena konsumsi beras memiliki keterbatasan (misalnya rasa kenyang).
ü Permintaan uniter elastis : elastisitas = 1. Prosentase perubahan kuantitas permintaan = prosentase perubahan harga. Contoh produk yang elastisitasnya uniter tidak dapat disebutkan secara spesifik. Jenis permintaan ini sebenarnya lebih sebagai pembatas antara permintaan elastis dan tidak elastis, sehingga belum tentu ada produk yang dapat dikatakan memiliki permintaan uniter elastis.
ü  Permintaan elastis : elastisitas > 1. Prosentase perubahan kuantitas permintaan > prosentase perubahan harga. Ini sering terjadi pada produk yang mudah dicari substitusinya. Misalnya saja pakaian, makanan ringan, dan lain sebagainya. Ketika harganya naik, konsumen akan dengan mudah menemukan barang penggantinya.
ü Permintaan elastis sempurna : elastisitas tak terhingga. Dimana pada suatu harga tertentu pasar sanggup membeli semua barang yang ada di pasar. Namun, kenaikan harga sedikit saja akan menjatuhkan permintaan menjadi 0. Dengan demikian, kurvanya berbentuk horisontal. Contoh produk yang permintaannya bersifat tidak elastis sempurna diantaranya barang/jasa yang bersifat komoditi, yaitu barang/jasa yang memiliki karakteristik dan fungsi sama meskipun dijual di tempat yang berbeda atau diproduksi oleh produsen yang berbeda.


4.   Hukum Permintaan
Hukum pemintaan berbunyi Apabila harga suatu barang dan jasa meningkat, jumlah barang yang diminta akan menurun. Sebaliknya, apabila harga suatu barang dan jasa menurun, jumlah barang yang diminta akan meningkat.”
Ø Sebagai contoh : Harga tiket pesawat terbang yang turun untuk semua jalur di Indonesia menyebabkan jumlah tiket pesawat terbang yang diminta meningkat. Seseorang yang akan naik kereta api atau laut Karena pertimbangan waktu dan harga tiket pesawat yang tidak mahal memutuskan untuk naik pesawat.
Dari contoh tersebut, dapat diketahui bahwa harga mempengaruhi jumlah barang yang diminta. Makin tinggi harga, makin rendah jumlah barang yang diminta. Hal tersebut dapat dikatakan bahwa ada hubungan terbalik antara tingkat harga dan jumlah barang dan jasa yang diminati. Kejadian tersebut pada intinya merupakan isi hukum permintaan.
5.   Kurva Permintaan

Kurva Permintaan dapat didefinisikan sebagai :“Suatu kurva yang menggambarkan sifat hubungan antara harga suatu barang tertentu dengan jumlah barang tersebut yang diminta para pembeli.” Kurva permintaan berbagai jenis barang pada umumnya menurun dari kiri ke kanan bawah. Kurva yang demikian disebabkan oleh sifat hubungan antara harga dan jumlah yang diminta yang mempunyai sifat hubungan terbalik


6.   Fungsi Permintaan

Fungsi permintaan(Demand) bisa diartikan sebagai fungsi yang menunjukkan hubungan dengan variabel harga (P) dengan variabel jumlah barang (Q)yangdiminta.
            Fungsi permintaan mengikuti hukum permintaan (DEMAND) yaitu apabila harga suatu barang naik maka permintaan akan barang tersebut juga menurun dan sebaliknya apabila harga barang turun maka permintaan akan barang tersebut meningkat. Jadi berdasarkan hukum permintaan tersebut dapat disimpulkan hubungan antara harga dan jumlah barang yang diminta memiliki hubungan yang terbalik.

            Karena itu, hubungan harga barang dan jumlah barang yang diminta adalah negative atau berbanding terbalik. Bentuk fungsi permintaan adalah:
Q=a-bpd
Keterngan:
Q= barang yang diminta
P= harga barang yang diminta
a= berupa angka konstanta/angka tanpa variable dan bias bernilai positive ataupun negative.
b= nilai/angka yang selalu bersama variable p dan mempunyai nilai negative



Cara mengerjakan Fungsi Permintaaan yaitu:

Q-Q1   = P-P1
Q2-Q1    P2-P1

Rumus diatas ini harus dihafal agar dapat mengerjakan fungsi permintaan :O

Okay sepertinya anda bingung :/ lebih baik untuk lebih memahami fungsi permintaan kami akan memberikan contoh soal berikut dengan cara mengerjakannya.

Soal:Pada saat harga pizza Rp. 5.000,00/potong permintaan akan pizza tersebut sebanyak 2000 potong, namun pada saat harga pizza meningkat hingga Rp. 7.000,00 permintaan pizza tersebut menjadi 1600 potong,carilah fungsi permintaan?

Pembahasan untuk soal:
Step yang harus dilakukan adalah mencari data yang sudah tercantum di soal.
P1=Rp.5000,00       Q1=2000
P2=Rp.7000,00       Q2=1600

Setelah sudah mendapatkan/menemukan data-data tersebut masukanlah data tersebut kerumus yang tersedia.

Q-Q1   = P-P1
Q2-Q1    P2-P1

Dengan menggunakan rumus ini langsung masukan data ke dalam rumus dan akanmenjadi

1. Q-2.000      = P-5.000
   1600-2.000      7.000-5.000

2.  Q-1.000      = P-5.000
       -400               2.000
Dari step kedua lakukan perkalian silang, yang akan menjadi seperti:

3. (Q-2.000)x2.000 = (P-5.000)x -400

4. 2.000Q-4.000.000 = -400P+2.000.000

berikutnya biarkan angka bersama variable Q terpisah menjadi:

5. 2000Q = -400P + (2.000.000+4.000.000)

6. 2.000Q = -400P + 6.000.000

7. Q = -400P + 6.000.000
                     2.000

8.Q = -0.2P + 3.000

BAB III
( penutup )
*     Kesimpulan

Elastisitas harga permintaan mengukur seberapa banyak permintaan barang dan jasa (konsumsi) berubah ketika harganya berubah.Elastisitas permintaan ditunjukkan dalam bentuk prosentase perubahan atas kuantitas yang diminta sebagai akibat dari satu persen perubahan harga. Elastisitas harga penawaran mengukur seberapa banyak penawaran barang dan jasa berubah ketika harganya berubah.Elastistas harga ditunjukkan dalam bentuk prosentase perubahan atas kuantitas yang ditawarkan sebagai akibat dari satu persen perubahan harga. Setiap perubahan harga akan mengubah kuantitas yang diminta. Akan tetapi sampai dimana setiap perubahan harga akan menimbulkan perubahan tersebut, berbedaan diantara satu barang dengan barang yang lain. Ada yang menimbulkan perubahan kuantitas yang besar, tetapi ada pula yang pertubahan kuantitasnya sangat kecil. Elastisitas permintaan dan penawaran merupakan ukuran yang menunjukan sampai dimana kuantitas yang diminta atau ditawarkan akan mengalami perubahan sebagai akibat dari suatu perubahan harga.

*           Saran
Interaksi antara permintaan dan penawaran akan menciptakan keseimbangan harga pasar, apabila pada harga keseimbangan jumlah barang yang di minta konsumen, sama persis dengan jumlah yang di tawarkan produsen, secara grafis keseimbangan pasar bisa tercapai apabila kurva permintaan dan penawaran berpotongan, titik perpotongan tersebut di sebut titik keseimbangan.






Kata Penutup

Demikian yang dapat kami paparkan mengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam makalah ini yaitu “PERMINTAAN”, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannya, kerena terbatasnya pengetahuan dan kurangnya rujukan atau referensi yang ada hubungannya dengan judul makalah ini. Penulis banyak berharap para pembaca yang budiman bersedia memberikan kritik dan saran yang membangun kepada kami sebagai penulis demi sempurnanya makalah ini dan dan penulisan makalah di kesempatan – kesempatan berikutnya. Semoga makalah ini berguna bagi penulis pada khususnya juga para pembaca yang budiman pada umumnya. Sekian dan terimah kasih





Daftar Pustaka

Tim Penyusun Modul SMK. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial. Surakarta : Citra Pustaka Mandiri
Sukwiaty, Dkk. 1995. Pengantar Mikro. Jakarta : Binapura Aksara
Yasinta. 2008. Elastisitas Permintaan dan Penawaran. Wordpress.com : yasinta
Chaeraniirm. 2012. Elastisitas Permintaan dan Penawaran. blogspot.com : chaeraniirma


3 komentar:

  1. The casino no deposit bonus codes 2021 - JT Hub
    The casino no deposit bonus codes 2021! Find the best 영주 출장안마 bonuses for online 경상북도 출장안마 casino with free spins & sign up 과천 출장샵 offers 경상남도 출장샵 in 부천 출장샵 NJ and PA.

    BalasHapus

Back to Top